Proses Perencanaan Pesan Dalam Membangun Citra ‘Zumba Fitness Indonesia’ Melalui Key Opinion Leader

Arga Sukma Bhagaskara, Mohammad Shihab

Abstract


Gaya hidup sehat menjadi terasa lebih penting di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Gaya hidup yang sehat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kebugaran agar tidak terdampak virus corona. Masyarakat Indonesia pun sudah mulai menyadari betapa pentingnya gaya hidup sehat. Salah satu olahraga popular yang dapat meningkatkan kesehatan adalah zumba. Saat ini, zumba identik dengan olahraga kaum perempuan. Padahal, olahraga ini dapat diikuti oleh siapa saja yang menginginkan gaya hidup sehat. Oleh sebab itu, Zumba Fitness di Indonesia melalui OCCAM Komunikasi Indonesia ingin membangun kesadaran merek dan citra yang tepat di dalam persepsi publik. Citra merupakan aset yang tidak tampak yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dan menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk membeli dan berlangganan sebuah produk. Citra perusahaan yang buruk tentu akan mempengaruhi kehidupan bisnis sebuah perusahaan. Karena itu, perusahaan akan berusaha keras membentuk dan menjaga nama baik perusahaan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses perencanaan pesan dalam membangun citra Zumba Fitness Indonesia melalui influencer. Subyek penelitian ini merupakan dua orang konsultan yang mengelola aktivitas komunikasi Zumba Fitness di Indonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan proses perencanaan pesan yang dilakukan untuk Zumba Fitness terbagi dalam empat tahapan, yakni: (1) analisis profil dan situasi; (2) analisis kampanye terdahulu; (3) perencanaan pesan; dan (4) evaluasi. Pesan yang digunakan disusun menggunakan teknik informatif sesuai lokasi dan waktu, serta teknik persuasif menggunakan emotional appeal, humorous appeal, reward appeal, dan motivational appeal.

Keywords


perencanaan pesan, citra, influencer

Full Text:

PDF

References


Adyani, K. (2020, Desember 30). Senam Zumba: Panduan Lengkap dari Manfaat hingga Teknik. Diambil kembali dari Qoala: https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/sehat/panduan-senam-zumba-terlengkap/

Arga, B. (2022). Bagaimana Influencer Sosial Media Mempengaruhi Pengikutnya? Dalam Perspektif Congruity Theory. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(1), 29-36. Diambil kembali dari http://ojs.ukb.ac.id/index.php/Jmabis/article/download/427/303

Atmadja, T. F., Yunianto, A. E., Yuliantini, E., Haya, M., Faridi, A., & Suryana, S. (2020). Gambaran sikap dan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(2),, 195-202. doi:10.30867/action.v5i2.355

Barranco-Ruiz, Y., & Villa-González, E. (2020). Health-Related Physical Fitness Benefits in Sedentary Women Employees after an Exercise Intervention with Zumba Fitness®. International Journal of Environmental Research and Public Health, Vol. 17(8). doi:10.3390/ijerph17082632

BBC. (2017, September 9). Iran arrests six for Zumba dancing. Diambil kembali dari BBC News: https://www.bbc.com/news/world-middle-east-40880420

Cugusi, L., Manca, A., Bergamin, M., Di Blasio, A., Yeo, T. J., Crisafulli, A., & Mercuro, G. (2019). Zumba Fitness and Women's Cardiovascular Health: A Systematic Review. Journal of Cardiopulmonary Rehabilitation and Prevention, Vol. 39(3), 153-160. doi:10.1097/HCR.0000000000000326

Daymon, C., & Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. London: Routledge.

Djakarta.id. (n.d). Tetap Optimis Pada Industri Fitness di Masa Pandemi. Retrieved from Djakarta.id: https://djakarta.id/tetap_optimis_pada_industri_fitness_di_masa_pandemi_berita2800.html

Ferreira, L. (2019, Agustus 13). Zumba: Bisnis ratusan juta dolar yang berkembang pesat termasuk di Indonesia, bermulai dari 'lupa bawa kaset'. Diambil kembali dari BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49323540

Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206-225. Diambil kembali dari https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1299/1006

Kartikawati, D., & Fadillah, S. S. (2020). Konsultan Public Relations di Era Digitalisasi (Studi pada Konsultan PR Media Buffet). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 5(9) , 814-823.

Lestari, R. (2019, Mei 2). Sulis Sugianto, Zumba Education Spesialist (ZES) Pria Pertama di Indonesia. Diambil kembali dari Medcom.id: https://www.medcom.id/rona/keluarga/ObzqQWYN-sulis-sugianto-zumba-education-spesialist-zes-pria-pertama-di-indonesia

Merdeka. (2020, Januari 25). Pendapatan Industri Gym & Fitness Indonesia Diprediksi Tembus USD8,7 M di 2030. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://www.merdeka.com/uang/pendapatan-industri-gym-fitness-indonesia-diprediksi-tembus-usd87-m-di-2030.html

Muchtar, K. (2021). Analisis Penyusunan Pesan Persuasif dalam Program Tausiyah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), Vol. 21(2), 169-178. doi:10.15575/anida.v21i2.16222

Nanang, N., & Pasharibu, Y. (2021). Brand image, Lokasi, dan Fasilitas Sport Club Gym terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, Vol 5(1), 128-135. Diambil kembali dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/J

Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (. (2020). Influencer Dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram Sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135-144.

Özdenk, S., & Imamoglu, M. (2019). The Effects of Pilates, Step and Zumba Exercises on Self-Esteem, Happiness and Communication Skill Levels. Asian Journal of Education and Training, Vol. 5(2), 369-373. Diambil kembali dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1224493

Prahari, S. W. (2014). AKTIVITAS KOMUNIKASI ANGGOTA KOMUNITAS SENAM ZUMBA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MEMBER (Studi pada anggota zumba di "Fitness Story” Malang). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Saputra, M. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN MEMBER D’OKSIGEN CLASIK FITNES DI KOTA PADANG. Jurnal Ecogen, Vol. 1(4), 955-966. doi:10.24036/jmpe.v1i4.5675

Sari, A. P., & Yasa, N. K. (2020). Kepercayaan Pelanggan di Antara hubungan Citra Perusahaan dan Kewajaran Harga Dengan Loyalitas Pelanggan Mapemall.com. Klaten: Lakeisha.

Setiawati, S. D., Retnasary, M., Fitriawaty, D., & Oktaviani, F. (2020). Use of Key Opinion Leader Non Public Figure in Persuasive Audiences. Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovations (ICRI 2018) (pp. 2554-2560). Scitepress. doi:10.5220/0009946825542560

Shihab, M., & Hutagalung, I. (2019). Membangun Citra Pencak Silat Dengan Pendekatan Public Relations: Studi Pada Lembaga Pewarisan Pencak Silat (Garis Paksi). Bekasi: President University.

Silitonga, R., & Sutikno. (2020, Agustus 1). Denada Jadi Instruktur Zumba. Diambil kembali dari Fimela.com: https://www.fimela.com/entertainment/read/4318953/denada-jadi-instruktur-zumba?page=1

Yuanita, D. (2021). Peran key opinion leader dalam strategi public relations. PRofesi Humas, Vol. 6(1), 23-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i1.1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id