Gaya Komunikasi Nadiem Makarim

Agung Priyo Sembodo, Tengku Faisal, Aminah Swarnawati, Ridwan Noor Riandi, Irfan Naufal El Hassan

Abstract


Sosok Nadiem Makarim menjadi sentral dalam upaya mencapai target kemajuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi. Instansi ini merupakan peleburan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset dan Teknologi. Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui bagaimana sebenarnya gaya komunikasi ketokohan dari Nadiem. Berangkat dari teori komunikasi organisasi dan teori terkait enam gaya komunikasi Tubbs dan Moss, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara semiotika dari Roland Barthes.Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui makna konotatif, denotatif dan mitos dari teks video wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Nadiem menggunakan gaya komunikasi equalitarian style dalam berkomunikasi. Terdapat makna denotatif sederhana dari pengunaan batik dalam paparan konsep kampus merdeka. Makna Konotatif kesan akan kemampuan dan pengalaman yang akan terus berkembang termasuk disiplin dan soft skill. Sementara unsur mitos dari teks wawancara memberikan pesan meskipun berlatar belakang pengusaha, Nadiem ingin terkesan memiliki pemahaman holistik dari pengalaman maupun konsep di dunia pendidikan, riset dan teknologi.

Keywords


Gaya Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Semiotika,Makna Denotatif, Makna Konotatif

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cole, G. (2018). Beyond labelling: Rethinking the role and value of the refugee “Label” through semiotics. Journal of Refugee Studies, 31(1), 1–21. https://doi.org/10.1093/jrs/fex021

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Hamid Umarela Universitas Mercu Buana Jl Meruya Selatan, F., Barat, J., Hamid Umarela, F., Aisyah Dwityas, N., & Rosfina Zahra, D. (2020). Representasi ideologi supremasi kulit putih dalam iklan televisi. 64 ProTVF, 4(1), 64–84.

Intyaswati, D., Fisip, M., Veteran, U. ", & Jakarta, ". (n.d.). Karakteristik Gaya Komunikasi Presiden Jokowi Dalam Pengambilan Kebijakan. http://journal.umpo.ac.id/index.php/aristo/aristo@umpo.ac.id

Kauppinen-Räisänen, H., & Jauffret, M. N. (2018). Using colour semiotics to explore colour meanings. Qualitative Market Research, 21(1), 101–117. https://doi.org/10.1108/QMR-03-2016-0033

Makmur, R. (2016). Gaya dan Karakter Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo Pegawai Swasta & Mahasiswa Pascasarjana S3 Fikom-Unpad. In Journal Communication (Vol. 7, Issue 1).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiyanto, B., Nur, E., Pengkajian, B., Komunikasi, P., Jakarta, I., Pengkajian, B. B., Makassar, I., & Abdurrahman Basalama, J. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research Method of Communication. In Informatika dan Media Massa t PEKOMMAS (Vol. 16, Issue 1).

Oktaviani, O. :, Katuuk, M., Mewengkang, N., & Kalesaran, E. R. (n.d.). PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI SANGGAR SENI VOX ANGELICA.

Pratiwi, B. N. (2017). ANALISIS GAYA KOMUNIKASI AHMAD FAIZ ZAINUDDIN. In eJournal Ilmu Komunikasi (Vol. 5, Issue 3). Online. www.jurnalweb.com,

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta:; Raja Grafindo Persada.

Wiryanto, D. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi, edisi ke-3. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i1.1670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id