Efektivitas Komunikasi Massa Pada Tayangan Program ‘Update Korona’ Di Kompas TV

Adhar Adhar, Fina Merliane Vidya, Isa Faisol

Abstract


Masyarakat Indonesia hingga saat ini belum memiliki pemahaman yang seragam tentang Covid-19. Banyaknya disinformasi seputar Covid-19 menimbulkan ketidakpercayaan terhadap media mainstream dan banyak orang beralih ke media alternatif. Berbagai upaya dilakukan media massa untuk dapat memberikan informasi yang independen dan terpercaya, tetapi banyak faktor yang dipertimbangkan oleh masyarakat dalam memilih media mana yang mereka konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi massa yang diterapkan pada program Update Korona yang tayang di Kompas TV terhadap pemahaman mahasiswa S2 Komunikasi Korporat di Universitas Paramadina mengenai perkembangan Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan survei eksplanatif dengan skala likert, di mana data dianalisis menggunakan teori Uses and Gratifications untuk melihat efektivitas komunikasi massa pada tayangan program Update Korona Kompas TV. Tayangan program Update Korona menjadi variabel independen dan mahasiswa S2 Komunikasi Korporat Universitas Paramadina menjadi variabel dependen. Hasil menunjukkan bahwa tayangan program Update Korona di Kompas TV tidak cukup efektif untuk menambah pemahaman mahasiswa S2 Komunikasi Korporat Universitas Paramadina terhadap Covid-19. Mereka membutuhkan referensi lain untuk mencari informasi tentang Covid-19, karena televisi sudah bukan menjadi media utama mereka.

Keywords


Kata Kunci: Covid-19, Komunikasi Massa, Pesan, Televisi, , Covid-19

Full Text:

PDF

References


BUKU

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Nurudin (2017). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. (hal. 191)

Rakhmat, Jalaluddin (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (hal. 65)

Richard West dan Lynn H. Turner (2013).

Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika. (hal. 105)

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Stanley J. Baran, Dennis K. Davis. (2018). Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.

BERITA ONLINE

Kusuma, Hendra. (2020). Ekonomi RI Babak Belur Dihantam Corona. https://finance.detik.com/berita- ekonomi-bisnis/d-

Mufarida, Binti. (2020). Televisi Jadi Media Pilihan Masyarakat di Era Pandemi Covid-19. https://nasional.sindonews.com/rea d/203688/15/televisi-jadi-media- pilihan-masyarakat-di-era- pandemi-covid-19-1603275015. (diakses pada 25 Desember 2020)

Pranita, Ellyvon, (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. https://www.kompas.com/sains/rea d/2020/05/11/130600623/diumumk an-awal-maret-ahli--virus-corona- masuk-indonesia-dari-januari. (diakses pada 25 Desember 2020).

Putri, Zunita. (2020). Kominfo Temukan 1.197 Hoax Terkait Isu Corona di Medsos. https://news.detik.com/berita/d- 5218475/kominfo-temukan-1197- hoax-terkait-isu-corona-di- medsos?_ga=2.166566142.139084 6647.1608888277- 1649285952.1606403729. (diakses pada 25 Desember 2020)

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional. (2020). Peran Media Massa Ubah Perilaku Masyarakat dalam Menyikapi Pandemi. https://covid19.go.id/p/berita/peran -media-massa-ubah-perilaku- masyarakat-dalam-menyikapi- pandemi. (diakses pada 25 Desember 2020)

JURNAL ONLINE

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. (2009). Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

McQuail, D. (1996). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Airlangga

Schramm, Wilbur. (1985). The Process and Effect of Mass Communication. New York: University Of Illinois

Press.

Wibhisono, I Gusti Lanang Agung

Kharisma. (2020). Framing Analysis of the Kompas' COVID-19 Coverage: January 2020 Edition. Jurnal ASPIKOM 5 (2), 219-231.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i2.1758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id