Perlindungan Hak Cipta Konten Media Sosial Dalam Konten Program Berita Televisi

Sinta Dwi Utami, Cici Lestari

Abstract


Media sosial berkembang sangat pesat. Dalam kegiatan jurnalistik media sosial digunakan sebagai sumber berita media televisi, baik informasi maupun kontennya. Penelitian ini bertujuan mencari jawaban tentang bagaimana aturan dan tata cara menggunakan konten media sosial dalam program berita televisi. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana media televisi bisa mengimplementasikan perlindungan hak cipta terhadap konten media sosial yang digunakan dalam program beritanya. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti mengamati konten media sosial yang digunakan dua televisi berita, CNN Indonesia dan Metro TV. Peneliti kemudian menggali informasi lebih dalam dengan mewawancarai penanggung jawab program di CNN Indonesia dan Metro TV. Temuan penelitian ini menyimpulkan ada peraturan yang harus diikuti sebelum memproduksi program berita dari media sosial. Verifikasi, perizinan pemilik konten, dan pencantuman atribusi wajib dipenuhi media televisi ketika menggunakan media sosial sebagai sumber berita. Prinsip fair use bisa digunakan dengan batasan tertentu. Aturan-aturan ini membawa implikasi dan menjadi tantangan bagi para pemangku program berita televisi. Namun dengan pemahaman dan implementasi yang tepat diharapkan perlindungan hak cipta selalu terjaga. Pencipta karya terpenuhi hak moral dan hak ekonominya serta berita televisi juga terjaga standar kelayakannya.

Keywords


berita; media; media sosial; televisi

Full Text:

PDF

References


Asmarantika, R.A., Prestianta, A.M., & Evita, N. (2022). Pola Konsumsi Media Digital dan Berita Online Gen Z Indonesia. Jurnal Kajian Media. Vol.6. No. 1: 34 – 44.

Audinovic, Vizcardine. (2021). Eksistensi Televisi Swasta di Era Konvergensi Media. Jurnal Spektrum Komunikasi. Vol.9. No. 2. Desember: 140 – 151.

Banjiwo, I. & Irwansyah. (2022). Digital Journalism: A Shift in Journalistic Activity from News Television Media to Social Media (Study on Kompas TV). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). Vol.5. No.1, Februari: 4493 – 4503.

Bernatta, R.A.R. & Kartika, T. (2020). Fenomena Massa Dalam Mencari Informasi Viral Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora (JSSH). Vol.4. No. 2, September: 153 – 165.

Carr, C.T., & Hayes, R.A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication. Vol. 23. No. 1: 46 – 65.

Dzikrullah, M.I., Lubis, E., & Fauziah. (2021). Tanggung Jawab Pemilik Konten yang Mengunggah Ulang Video di Jejaring Media Sosial Menggunakan Prinsip Penggunaan Wajar Menurut Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Jurnal Hukum Jurisdictie. Vol.3. No. 2, Desember: 15 – 34.

Fauzi, Marhamah. (2021). Jurnalisme di Era Digital. JICOMS: Jurnal of Islamic Communication and Media Studies. Vol.1. No. 1, Juli – Desember: 16 – 37.

Fazri, Anhar. (2018). Citizen Journalism: Kelayakan Berita Ditinjau Dari Segi Bahasa Dan Etika Jurnalistik. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.2. No. 3, Oktober.

Ginting, A.R. (2020). Perlindungan Hak Moral dan Hak Ekonomi Terhadap Konten YouTube yang Dijadikan Sumber Berita. Jurnal Ilmiah Kebijakan Umum. Vol.14. No. 3, November: 579 – 596.

Hadi, Ido Prijana. (2017). Akurasi Berita di Media Sosial Menurut Pengguna (Studi Fenomenologi Praktisi Media Pengguna Media sosial). Dalam Junaedi, Fajar (ed): Mediamorfosa: Transformasi Media Komunikasi di Indonesia. Yogyakarta. Buku Litera Yogyakarta.

Hartanti, Lisa Esti Puji. (2015). Kebijakan Media Televisi di Era Media Baru. Jurnal InterAct. Vol.4. No. 1, Mei: 37 – 46.

Kovach, B. & Rosenstiel, T. (2017). 9 Elemen Jurnalisme: Apa yang Seharusnya Diketahui Wartawan dan Diharapkan Publik. Jakarta. Yayasan Pantau.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta. Prenada Media Group.

Kusadjibrata, Nasrullah. (2019). Efektivitas Media Sosial Sebagai Sumber Berita dalam Newsroom Televisi (Studi Kasus Kompas TV). Jurnal Ikon Agustus. Vol. 23. No. 2, Agustus: 104 – 119.

Lizetha, V. & Prawadika, A. (2021). Konvergensi Setengah Hati: Invasi Konten Media Sosial dalam Program Berita Televisi di TVOne. Medium: Jurnal Media dan Komunikas. Vol.02. No. 01, Oktober: 15 – 27.

Mebang, Lidia Magdalena. (2022). Perlindungan Hukum Hak Cipta Video di Media Sosial (Youtube) Ditayangkan Stasiun Televisi Tanpa Izin Pencipta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Journal of Law. Vol.8. No. 1: 300 – 314.

Muslikhin. (2018). Television News in the Social Media Era (Study in Newsroom Indosiar and SCTV). Proceeding The 1st International Conference on Social Science (ICSS) 1 (1). 327 – 338.

Newman, N., Fletcher, R., Schulz, A., Andi, S., Robertson, C., & Nielsen, R. (2021). Reuters 44 Institute Digital News Report 2021.

Permana, R.S.M. & Mahameruaji, J.N. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Baru NET. TV. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol.23. No.1, Juni: 21 – 36.

Rahmatullah, S., Yuliati, R., E., D. (2022). Media Sosial Sebagai Sumber Berita Altenatif. Jurnal Studi Jurnalistik. Vol.4. No. 2: 1 – 18.

Rosemarwati, T.U. & Lindawati, L. 2019. Media Sosial Sebagai Sumber Berita Oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol.23. No.2, Desember: 101 – 114.

Sarvika, M.A. & Mayangsari, I.D, (2016). Produksi Siaran Berita Televisi (Studi Deskriptif Pada Proses Produksi Siaran Program Berita “Ada Berita Petang”. e-Proceeding of Management, 3(2), 2258-2268.

Sulasno & Dwisvimiar, I. (2021). Penerapan Kepentingan Yang Wajar (Fair Use) Mengenai Materi Hak Cipta Di Internet. Jurnal Humani (Hukum dan Masyarakat Madani). Vol. 11 No. 2, November: 425-437

Susanti, S. & Ratmita, R.A. (2020). Manajemen Produksi Program Berita di iNews TV Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Vol.10. No. 2, Desember: 1 – 17.

Thurman, N. (2018). Social Media, Surveillance, and News Work. Digital Journalism. Vol. 6. No. 1:76 – 97.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Van Dijk, J. & Poell, T. (2013). Understanding Social Media Logic. Media and Communication. Vol. 1. No. 1, Juni: 2 – 14.

Veronika. (2017). Proses Gatekeeping pada Tim Digital Kompas TV. Jurnal Ultimacomm. Vol.9. No. 2, Desember: 46 – 67.

Wahid, Abdul. (2020). Dampak Sosial Teknologi Komunikasi Baru: Memikirkan Ulang Konsep Copyright Di Internet. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.6. No. 1, April: 118 – 132.

Widiastuti, Nela. (2019). Berita Viral di Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Media Massa Konvensional. Jurnal Digital Media & Relationship (JDMR). Vol.1. No. 1, Desember: 23 – 30.

Wilding, D., Fray, P., Molitorisz, S. & McKewon, E. (2018). The Impact of Digital Platforms on News and Journalistic Content. NSW. University of Technology Sydney.

Yoedtadi, M.G. & Hapsari, Z.R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial di Televisi Grup MNC. Jurnal Lontar. Vol. 8. No. 1, Januari – Juni: 18 – 26.

https://www.kilasbali.com/2022/05/11/perlindungan-hak-cipta-penyiaran-media-sosial/ diakses 8 Juni 2023.

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/13/19503201/aji-dan-lbh-pers-serukan-kasus-klaim-hak-cipta-penggunaan-video-lembaga diakses 8 Juni 2023.

https://nasional.sindonews.com/read/1018283/18/fair-use-dan-fair-dealing-dalam-uu-hak-cipta-1675918947/10 diakses 7 Agustus 2023.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i2.2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id