Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Respon Konsumen Dengan Ekuitas Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengikut Indihome di Media Sosial Instagram)

Kherin Kherin, Henilia Yulita, Vincentia Roseline Andi

Abstract


Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan orientasi eksplanatif, fokusnya adalah mengeksplorasi dampak variabel independen pada variabel dependen. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengikut Instagram Indihomecare. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pemasaran melalui media sosial Instagram Indihomecare terhadap respon konsumen sebesar 2.257. Selain itu, terdapat dampak positif pemasaran melalui media sosial tersebut terhadap ekuitas merek sebesar 17.620, serta dampak positif ekuitas merek terhadap respon konsumen sebesar 10.252. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial berperan penting sebagai platform interaksi dan pertukaran informasi yang dapat memperkuat hubungan merek dengan konsumen.


Keywords


Social Media Marketing; Consumer Response; Brand Equity; Media Ecology Theory

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.

Asmara Indahingwati, S. E. (2019). KEPUASAN KONSUMEN DAN CITRA INSTITUSI KEPOLISIAN PADA KUALITAS LAYANAN SIM CORNER DI INDONESIA. CV. Jakad Media Publishing.

Botha, J. (2019). Au tho r ’ s Co py. May.

Dachlan, H. (2021). Kecewa dengan Pelayanan Indihome. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/surat-pembaca/2729/kecewa-dengan-pelayanan-indihome

databoks.katadata.co.id. (2020). Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ikhsan, M. (2020). Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200819154002-185-537377/survei-5-media-sosial-paling-populer-di-dunia

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Nugroho, C., Sos, S., & Kom, M. I. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Prenada Media.

Puspita, W. (2017). PENGARUH LIFE STYLE DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MEREK HONDA BEAT (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang).

Romli, K. (2017). Komunikasi massa. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sendari, A. A. (2020). 10 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Reputasi. Liputan 6. https://hot.liputan6.com/read/4347879/10-manfaat-media-sosial-untuk-bisnis-bantu-tingkatkan-reputasi

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v15i2.2812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id