JEBAKAN MIMETISME PADA PEMBERITAAN SEPUTAR ISU TERORISME PADA PROGRAM BERITA “GLOBAL SIANG” DI GLOBAL TV

LAKSMI RACHMARIA

Abstract


Sebagai salah satu TV Komersial di Indonesia, redaksi berita Global Siang mencoba
untuk menghadapi persaingan di Industri televisi dalam bentuk komodifikasi program
berita. Komodifikasi secara singkat merupakan proses perubahan nilai guna (use value)
sebuah produk, dimana nilainya tersebut ditentukan oleh seberapa besar kegunaannya
dalam memenuhi individu atau sosial dalam bentuk produk-produk yang laku di pasar.
Berita tentang terorisme merupakan salah satu isu yang dijual oleh redaksi Global
Siang. Redaksi Global siang berkeyakinan bahwa ada harga pada berita. Metodologi
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil
penelitian Global Siang melakukan komodifikasi intrinsik pada peliputan seputar
terorisme dengan cara tampilan yang dramatik disertai ilustrasi yang menegangkan
untuk memainkan emosi pemirsanya untuk kepentingan bisnisnya.


Keywords


berita; terorisme; komodifikasi

Full Text:

PDF

References


Boyd, Andrew. (2001). Broadcast

Journalism Techniues of Radio and

Television News. Foscal Press,

Oxford.

- Burton, Graeme. (2000).

Membincangkan Televisi.

Yogyakarta

- Haryatmoko, DR. (2007). Etika

Komunikasi, Yogyakarta: Kanisius

- Mc Manus, John H. (1994). Market-

Driven Journalism. London: SAGE

publication

- Mosco, Vincent. (1996). The

Political Economy of

Communication: London, Sage

Publication, LTD.

- Mc Quail, Denis. (2005). Mass

Communication Theory. 5 edition.

- Muslich, Mansur (2008). Kekuasaan

Media Massa Mengkonstruksi

Realitas. Jurnal Bahasa Dan

Seni Universitas Negeri Malang edisi

Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008.

- Nielsen Newsletter, AGB edisi ke-35

Juli 2009, http:/agbnielsen.co.id

diunduh Kamis 4 Januari 2012 pukul

30 WIB

- Nielsen Newsletter, AGB edisi ke-36

Agustus 2009. http://agbnielsen.co.id

Diunduh Kamis, 4 Januari 2012

pukul 19.40 WIB

Journal Communication Volume 6, Nomor 2 Oktober 2015 228

- Schecter, Danny. (2007). Matinya

Media. Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia

Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi

Politik Media Penyiaran. Yogyakarta:

LKis

- Wijanarko (2006) Jurnalisme Antara

Peristiwa Dan Ruang Publik, Jakarta:

LP3ES




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v6i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id