JEBAKAN MIMETISME PADA PEMBERITAAN SEPUTAR ISU TERORISME PADA PROGRAM BERITA “GLOBAL SIANG” DI GLOBAL TV
Abstract
Sebagai salah satu TV Komersial di Indonesia, redaksi berita Global Siang mencoba
untuk menghadapi persaingan di Industri televisi dalam bentuk komodifikasi program
berita. Komodifikasi secara singkat merupakan proses perubahan nilai guna (use value)
sebuah produk, dimana nilainya tersebut ditentukan oleh seberapa besar kegunaannya
dalam memenuhi individu atau sosial dalam bentuk produk-produk yang laku di pasar.
Berita tentang terorisme merupakan salah satu isu yang dijual oleh redaksi Global
Siang. Redaksi Global siang berkeyakinan bahwa ada harga pada berita. Metodologi
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil
penelitian Global Siang melakukan komodifikasi intrinsik pada peliputan seputar
terorisme dengan cara tampilan yang dramatik disertai ilustrasi yang menegangkan
untuk memainkan emosi pemirsanya untuk kepentingan bisnisnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boyd, Andrew. (2001). Broadcast
Journalism Techniues of Radio and
Television News. Foscal Press,
Oxford.
- Burton, Graeme. (2000).
Membincangkan Televisi.
Yogyakarta
- Haryatmoko, DR. (2007). Etika
Komunikasi, Yogyakarta: Kanisius
- Mc Manus, John H. (1994). Market-
Driven Journalism. London: SAGE
publication
- Mosco, Vincent. (1996). The
Political Economy of
Communication: London, Sage
Publication, LTD.
- Mc Quail, Denis. (2005). Mass
Communication Theory. 5 edition.
- Muslich, Mansur (2008). Kekuasaan
Media Massa Mengkonstruksi
Realitas. Jurnal Bahasa Dan
Seni Universitas Negeri Malang edisi
Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008.
- Nielsen Newsletter, AGB edisi ke-35
Juli 2009, http:/agbnielsen.co.id
diunduh Kamis 4 Januari 2012 pukul
30 WIB
- Nielsen Newsletter, AGB edisi ke-36
Agustus 2009. http://agbnielsen.co.id
Diunduh Kamis, 4 Januari 2012
pukul 19.40 WIB
Journal Communication Volume 6, Nomor 2 Oktober 2015 228
- Schecter, Danny. (2007). Matinya
Media. Jakarta: Yayasan Obor
Indonesia
Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi
Politik Media Penyiaran. Yogyakarta:
LKis
- Wijanarko (2006) Jurnalisme Antara
Peristiwa Dan Ruang Publik, Jakarta:
LP3ES
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v6i2.47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.