REPRESENTASI CORPORATE IDENTITY DALAM LOGO BARU PDAM KOTA BANDUNG
Abstract
Abstract
Corporate logo plays a significant role in a company’s development related to the context of communicating a company's identity, vision, mission, and organization culture to the public. A logo should represent managerial philosophy when implementing the transformation of performance and accomplishment that indicates competitive, superior, and innovative characteristics. This study tries to approach the utilization of the new logo of Bandung Water Company by utilizing the perspective of Roland Barthes Semiotics. The result of the study indicates that the denotative meaning of the logo represents a shape of water drop that signifies the corporate service which provides water supply to the citizens of Bandung. The connotative meaning from the logo signifies a transformative effort from the company towards good corporate governance, which is corresponding to the implementation regional autonomy laws in terms of its business context. The myth which the logo visualizes, signifies the proprietary of the company to the city of Bandung. The logo also signifiy values of Sundanese traits in conducting its service for the public and depicts the geographical domain of the company’s operation.
Keywords: semiotics, logo, representation
Abstrak
Keberadaan logo menjadi sangat penting bagi perkembangan suatu perusahaan dalam usaha mengkomunikasikan identitas, visi, misi, dan budaya organisasi kepada publiknya. Logo dapat merepresentasikan filosofi pihak pimpinan dalam mengimplementasikan transformasi capaian kinerja suatu organisasi yang memiliki karakter daya saing, unggul, dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data menggunakan semiotik model Roland Barthes. Hasil penelitian tampilan logo baru PDAM Kota Bandung menunjukkan bahwa makna denotasi merepresentasikan bentuk tetesan air sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan air untuk publik di wilayah kota Bandung. Adapun makna konotasi yang terdapat dalam tampilan logo baru PDAM Kota Bandung adalah sebagai transformasi perusahaan yang menuju good corporate governance yang merupakan bagian dari
implementasi Undang-undang Otonomi Daerah dalam konteks bisnis. Sedangkan makna mitos yang ada dalam tampilan logo baru PDAM Kota Bandung ini adalah menunjukkan bahwa PDAM Kota Bandung merupakan perusahaan milik Pemerintah Kota Bandung yang memiliki ciri nilai-nilai budaya kesundaan dalam melaksanakan layanan kepada publiknya dan menampilkan lokasi perusahaan yang menjadi domisili operasional perusahaan.
Kata kunci: semiotik, logo, representasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Argenti, Paul A.(2010).Komunikasi Korporat.Edisi Lima. Penerjemah: Putri Ailia Idris.Jakarta:Salemba Humanika.
Barthes, Roland.(1985).L’aventure Semilogique.Terjemahan Stephanus Aswar Herwinarko.(2007).Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.
Birowo, M. Antonius.(Editor).(2004).Metode Penelitian Komunikasi:Teori dan Aplikasi.Yogyakarta:Gitanyali.
Budiman, Manneke.(2002).Indonesia: Perang Tanda, dalam Indonesia: Tanda yang Retak.Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Eriyanto.(2012).Analisis Wacana:Pengantar Analisis Teks Media.Yogyakarta: LKIS.
Fiske, John.(2010).Cultural and Communication Studies.Penejermah:Yosal Iriantara dan Idy Subandy.(2010).Yogyakarta: Jalasutra.
Hardiman, Ima.(2006).400 Istilah PR, Media & Periklanan.Jakarta: Penerbit Gagas Ulung.
Hoed, Benny H.(2002).Strukturalisme, Pragmatik, dan Semiotik dalam Kajian Budaya,” dalam Indonesia: Tanda yang Retak.Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Keraf, Gorys.(1994).Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Kridalaksana, Harimurti.(2001).Kamus Linguistik.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kriyantono, Rachmat.(2007).Teknis Praktis Riset Komunikasi.Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn, Stephen W and Foss, Karen A.(2008).Theories of Human Communication: Ninth Edition.Thomson: Wadsworth.
Martinet, Jeanne.(2010).Semiologi:Kajian Teori dan Tanda Saussuran:Antara Semiologi Komunikasi dan Semiologi Signifikasi.Editor:Alfafthri Adlin.Yogyakarta: Jalasutra.
Moleong, Lexy J.(2010).Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy.(2008).Metodologi Penelitian Kualitatif – Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pateda, Mansoer.(2001).Semantik Leksikal.Jakarta: Rineka Cipta.
Piliang, Yasraf Amir.(2012).Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, gaya, dan Matinya Makna. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Preminger, Otto.(2001).The Man Who Would Be King.Washington: Knopf Dobleday Publishing.
Sobur, Alex.(2009).Semiotika Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sudibyo, Agus.(2001).Politik Media dan Pertarungan Wacana.Yogyakarta: LKIS.
Tinarbuko, Sumbo.(2012).Semiotika Komunikasi Visual.Yogyakarta: Jalasutra.
Vera, Nawiroh.(2014).Semiotika dalam Riset Komunikasi.Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Wellek, R and Austin Warren.(1995).Teori Kesusastraan.Jakarta:PT. Gramaedia Pustaka Utama.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v7i2.627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.