WORD OF MOUTH UNTUK MEMPERKUAT BRAND POSITIONING “THE HOUSE OF RAMINTEN SEBAGAI ANGKRINGAN “TRADISIONAL MODERN” DI YOGYAKARTA

Fitria Ayuningtyas, Uljanatunnisa .

Abstract


ABSTRACT
Many cities in Indonesia offering all sorts of things that can attract local tourist’sattraction to come to that city such as the food that serve as culinary tourism or natural tours that offer an exotic’s view and so forth. Yogyakarta could not separate from culinary tourism, it means every tourist who came to Yogyakarta would like to try specialty culinary in this area. One of the famous angkringan culinary in Yogyakarta is The House of Raminten. This place is very familiar with eccentric angkringan in Yogyakarta. Beside that The House of Raminten is the only one who has traditional modern’s concept in Yogyakarta. Recognizing the importance of brand in customer’s mind, Management of The House of Raminten try to develop brand positioning namely angkringan traditional modern’s concept as strategy to make a differentiation with their competitors. For both of local tourists and or foreign tourists, The
House of Raminten known thru information from individual to other individual or individual to group to speed up an information spread widely, called as word of mouth. The purpose of this research to know the role of word of mouth on strengthening brand positioning in The House of Raminten. This research used theory: word of mouth’s concept in marketing communication, target segmentationa and brand positioning. The method of this research used qualitative method. The results of this research is the role of word of mouth on strengthening brand positioning very high and strongly although other promotion can strengthen brand positioning indirectly.
Keywords: word of mouth, strengthening, brand, positioning


Abstrak
Beberap kota di Indonesia menawarkan segala macam hal yang bisa menarik daya tarik wisata lokal untuk sampai ke kota yang akan dituju, seperti makanan yang berfungsi sebagai wisata kuliner atau wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis dan sebagainya. Yogyakarta tidak bisa lepas dari wisata kuliner, artinya setiap wisatawan yang datang ke Yogyakarta ingin mencoba kuliner khas di daerah tersebut. Salah satu kuliner angkringan yang terkenal di Yogyakarta adalah The House of Raminten. Tempat ini sangat akrab dengan angkringan eksentrik di Yogyakarta. Selain itu The House of Raminten adalah satu-satunya yang memiliki konsep modern tradisional di Yogyakarta. Menyadari pentingnya brand dalam benak konsumen, Manajemen Rumah Raminten mencoba mengembangkan brand positioning yaitu konsep tradisional tradisional angkringan sebagai strategi untuk melakukan diferensiasi dengan kompetitornya. Bagi wisatawan lokal maupun turis mancanegara, The House of Raminten dikenal melalui informasi dari individu ke individu lain atau individu ke kelompok untuk mempercepat penyebaran informasi secara luas, disebut dari mulut ke mulut. Tujuan dari   penelitian ini untuk mengetahui peran word of mouth dalam memperkuat brand positioning di Rumah Raminten. Penelitian ini menggunakan teori: konsep word of mouth dalam komunikasi pemasaran, segmentasi target dan brand positioning. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah peran word of mouth untuk memperkuat brand positioning yang sangat tinggi dan sangat kuat walaupun promosi lainnya dapat memperkuat brand positioning secara tidak langsung.

Kata kunci: kata dari mulut ke mulut, penguatan, brand, positioning


Keywords


kata dari mulut ke mulut, penguatan, brand, positioning

Full Text:

PDF

References


Buku :

Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar- Ruzzmedia. Kapferer,

JN. 2008. The New Strategic Brand Management: Cretaing and Sustaining Brand Equity Long Term, 4th edition. London & Philadelpia: Kogan Page.Kennedy, Jhon E dan Soemanagara, R

Dermawan. 2006. Marketing Communication Taktik & Strategy. Jakarta: Penerbit BIP.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey:Person Prentice Hall, Inc.

Kriyantono, Rachmat. 2008.Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sernoviz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran). Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Jakarta: Alfabeta. Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Website:

(http://jogja.tribunnews.com/2016/12/14/le

ngth-of-stay-rendah-targetkan-spendingtinggi-

dari-wisatawan?page=1) diakses

pada tanggal 11 Januari 2017.

(http://jogja.tribunnews.com/2016/12/14/le

ngth-of-stay-rendah-targetkan-spendingtinggi-

dari-wisatawan?page=2) diakses

pada tanggal 11 Januari 2017.

(http://www.kompasiana.com/primaratih/r

aminten-cafe-unik-khasyogyakarta_

e35f17e61920ed623b7)

diakses pada tanggal 28 Mei 2017.

(https://yudasmoro.net/2013/03/29/houseof-

raminten-sukses-dengan-ide-nyeleneh/)

diakses pada tanggal 28 Mei 2017

.

(http://www.nielsen.com/id/en/pressroom/

/REKOMENDASI-WORD-OFMOUTH-

MASIH-MENJADI-IKLANPALING-

DIPERCAYA-OLEHKONSUMEN-

ASIA-TENGGARA.html)

diakses pada tanggal 28 Mei 2017.

Artikel Jurnal Ilmiah :

Carlsson, Carolina & Linader, Kristina. 2012 Positioning of a brand Point Of Parity: A Study of a Possible Aproach for Taking Position a Poin Of Parity in a Mature Business to Business Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017 39 Market. Master of Science Thesis.

KTH Industrial Engineering and Management. Stocklhom Sweden.

Diakses pada tanggal 12 Januari 2017.

http://scholar.google.co.id/scholar_urlurl=http://bluecubeco.com/download/book/03.pdf&hl=id&sa=X&scisig=AAGBfm2d_QwDxQxoQihlkc7GUzE1hdJ5Q&nossl=1&oi=scholarr&ved=0ahUKEwisiIHg9LTR

AhXJPI8KHTHTDH0QgAMIGCg

AMAA Casielles, R.V. Alvarez. A.S & Del Rio Lanza, A.B. 2013. The Word Of Mouth Dynamic How Positve (and Negative) WOM Drives Purchase Probability: An Analysis of Interpersonal Factor. Journal of Advertising Research. Vol. 53 Hal 43-60. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017. http://www.emeraldinsight.com.ezp roxy.ugm.ac.id/doi/pdfplus/10.1108

/APJML-07-2013-0089

Gunawan, Arie Indra, 2013, Pengaruh Brand Positioning Terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Pikiran Rakyat (Survey Terhadap Pembaca Surat Kabar Pikiran Rakyat di Kota Bandung ). Vol.1, no.2, September 2013, diakses pada tanggal 11 Januari 2017.

http://fkipunswagati. ac.id/ejournal/index.php/eduno mic/article/ download /27/26. Muhammad, Rusnah. Melawar, T.C & Alwi, S.F.S. 2011. Segmentation and Brand For Islamic Services. Europan Journal of Marketing, Vol. 46. No.7/8. Diakses pada tanggal 12 Januari 2017.

http://www.emeraldinsight.com.ezp

roxy.ugm.ac.id/doi/pdfplus/10.1108

/03090561211230061

Saagar, Mahim. Khandelwal, Rishabh. Miftal, Amit & Singh, Deepali. 2011.Ethical Positioning Index (EPI): An Innovative Tool for Differential Brand Positioning. Corporate Communication an International Journal. Vol 16. Hal. 124-138. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017.

http://www.emeraldinsight.com.ezproxy.ugm.ac.id/doi/pdfplus/10.1108/13563281111141651.

Sehrawala, Sameer. 2015. Brand Positioning Strategies of Coffee

Shop in Turkey: A Comparative Study of Starbucks and Costa

Coffee. International Journal of Economics, Commerce and Management, United Kingdom. Vol. III, Issue 5, May 2015. Diakses pada tanggal 12 Januari 2017.

http://ijecm.co.uk/wpcontent/ uploads/2015/05/3532.pdf

Shi, Wenhua. Tang, Lingshu. Zhang, Xiaohang, Gao, Yu & Zhu Yameng. 2015. HowDoes Word Of Mouth Affect

Customer Satisfication?. Journal of Businees & Marketing. Vol. 31, No. 3 Hal 393-403. Diakses padatanggal 10 Januari 2017.

http://www.emeraldinsight.com.ezp

roxy.ugm.ac.id/doi/pdfplus/10.1108

/JBIM-07-2014-0139

Viglia, Giampolo. Minazzi & Buhalis, Dimitrio. 2016. The Influence of e- Word-of mouth on Hotel Occupancy Rate. International

Journal of Contemporary Hospitality Management. Diakses Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017 40 pada 10 Januari 2017, www.emeraldinsight.com/0959-6119.htm Virvialite, Regina. Tumasonyte, Dovile &Sliburyte, Laimona. 2015. The Influence of Word of Mouth Communication on Brand Equity: Receiver Perspective Procedia- Social and Behavioral Sciences 213. Hal.641-

Di akses pada tanggal 10 Januari 2017.

http://www.sciencedirect.com.ezpr

oxy.ugm.ac.id/science/article/pii/S1

/pdf?md5=e286d

b3ea7dbc62919f047c586f16cπ

d=1-s2.0-S1877042815058206-

main.pdf




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i2.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id