STRATEGI PROGRAMMING DALAM PENGEMASAN PROGRAM “HAFIZ INDONESIA 2015” RCTI UNTUK MEMPEROLEH RATING SHARE TINGGI

Haronas Kutanto

Abstract


ABSTRACT
The aim of creation of the Hafiz program is to provide alternative displays for children. Hafiz
Indonesia's television program features talented children in memorizing the Qur'an without any
scenarios or scripts. So the participants present themselves on the television screen as it is. The
purpose of this research is to know the Planning Programming strategy and Packaging
Program of Hafiz Indonesia 2015 in RCTI, in order to get high share rating. This research
method is using qualitative and descriptive. The theory used is Fred Wibowo’s production
concept. The results of programming strategy in production concept are (1) RCTI is stripping
strategy on big audience and checker boarding strategy when the number of audience is
decreasing, but RCTI also uses the strategy of tent poling to introduce new program. (2) The
planning process of Hafiz Indonesia program is carried out in a mutual way, not only by the
programming division, but starting from the analyst program. They are consisting of
programming divisions and other people who are members of the program committee. (3) Preproduction
activities will be aired and begun by casting ideas or ideas into an outline
containing an event's program. The selected resource is the person who has the credibility and
knows exactly about the topic to be discussed. Theoretically, the result of this research is
expected to give a constrictive contribution to the development and assessment of
communication science generally and practically, it is expected to be input for interested
parties, either institution or company about "Hafiz Indonesia 2015" program and give a new
color or inspiring to Indonesian children in this event program.
Keywords : Strategy Programming, Hafiz Indonesia, RCTI, Planning, Rating Share.
ABSTRAK
Penciptaan Program Hafiz bertujuan untuk memberikan tayangan alternatif bagi anak – anak.
Program televisi Hafiz Indonesia menampilkan anak - anak muda berbakat dalam menghafal
Al-Quran tanpa ada skenario atau naskah. Jadi para peserta menampilkan dirinya di layar
televisi dengan apa adanya. Tujuan Penelitian ini mengetahui secara mendalam Strategi
Programing Pengemasan Program Acara Hafiz Indonesia 2015 di Rajawali Citra Televisi
Indonesia guna memperoleh rating share tinggi. Metode penelitian ini dengan menggunakan
kualitatif, Deskriptif teori yang di gunakan yaitu Konsep Produksi Fred Wibowo. Hasil
Penelitiannya Strategi Programming Konsep Produksi yaitu : (1). RCTI yaitu strategi 

stripping pada saat jumlah audiensbesar dan strategi checker boarding pada saat jumlah
audiens mengalami penurunan, namun RCTI juga menggunakan strategi tentpolinguntuk
memperkenalkan program barunya (2). Proses perencanaan program Hafiz Indonesia
dilakukan secara bergotong royong tidak hanya oleh divisi programming saja, dimulai dari
program analyst. Mereka terdiri dari divisi programming dan orang-orang lainnya yang
tergabung dalam komite program. (3). Kegiatan pra produksi akan ditayangkan dan dimulai
dengan penuangan ide atau gagasan ke dalam outline yang berisikan gambaran program suatu
acara. Narasumber yang dipilih adalah orang yang memiliki kredibilitas dan mengetahui
dengan pasti mengenai topik yang akan dibahas. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi yang konstruktif bagi pengembangan dan pengkajian ilmu
komunikasi umumnya dan secara praktis ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi
pihak-pihak yang berkepentingan, baik lembaga atau perusahaan mengenai Program Acara
“Hafiz Indonesia 2015” dan memberikan warna yang baru atau memberi inspirasi kepada
anak-anak Indonesia dalam program acara.
Kata Kunci : Strategi Programming, Hafiz Indonesia, Perencanaan, RCTI, Rating
Share.


Keywords


Strategi Programming, Hafiz Indonesia, Perencanaan, RCTI, Rating Share.

Full Text:

PDF

References


Buku

Salim, Agus. 2006 .Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. Ahmad, Muda.AK .2006 .Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher

Burton,Graeme. 2007. Membicangkan Televisi. Yogyakarta & Bandung:Jalasutra.F. Andrain,Charles, Kehidupan Politik dan Perubahan Sosial, Yogyakarta:Tiara Wacana Yogya

H.M.Arifin. Psikologi Dakwah(Jakarta: Bumi Aksara,1991) Jalaluddin. 1998. Cetakan ketiga Psikologi Agama, Jakarta: PT

RajaGrafindo, J. Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Kualitatif, Bandung PT. Remaja Rosdakarya,

Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Isi

MediaTelevisi. Rineka Cipta, Littlejohn,

Stephen W & Foss, Karen A. 2005, Theories of Human Communication, 8th edition, USA, Thomson Wadsworth Chapter9

Loncoln dan Denzim (ed) .1994. Hand Book of Qualitative Research, Sage Publication. Thousan oaks, London.

Michael Bland, Alison Theaker, David Wragg. 2001. Hubungan Media yang Efektif, Jakarta: Erlangga, Morissan,. 2005. Media Penyiaran, strategi mengelola Radio dan Televisi, Jakarta: RamdinaPrakarsa

Marwah Daud, Dakwah Islam Tahun2000-an, Makalah Pengantar

pada Stadium General Fakultas Dakwah IAIN Syaruf

Hidayatullah,1990 Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutisno. 1993. P.C.S., Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Radio Jakarta: PT Grasindo, Sunarjo Djoenaesih S.1983.Himpunan Istilah Komunikasi, cet ke-2. Yogyakarta: Liberty

Quail, Denis. 1985.Model-Model Komunikasi. Alih BahasaPutu Laxman Pendit. Jakarta: UniPrimas Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Televisi.Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Sumber Internet

http://rcti.televisi/profile/view/2/Visi --Misi-Dan-3-Pilar-Utama

diakses Juni 2015RCTI,

http://rcti.televisi/profile/view/1 diakses Juni 2015)

http://pamuncar.blogspot.com/2012/06/d efinisi-peran-dan-fungsimahasiswa.

htmlhttp://pengertianpengertian.blogspot.com/2012/10/pengertiankebiasaan.

htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Dosen

http://pls.upi.edu/index.php/plsprofil/sdm/tupoksi-pls

http://www.smkn3tarakan.net/index.php option=com_content&view=article &id= 164:peranan-motivasidalam- belajar&catid=1:latest-news

Karya Ilmiah

Makrifatun, “Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Hafalan al-Qur‟an pada Mahasiswa dan Mahasiswi yang Tinggal di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an al-Asy‟ariyyah Wonosobo”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam NegeriSunan Kalijaga Tahun 2005.

Mufidah, “Motivasi Mahasiswi Menghafal Al-Qur‟an: Studi kasus

Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017 63 di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta”, skripsi, Jurusan

Pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga,Yogyakarta,2003




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id