PENGELOLAAN KESAN CALON GUBERNUR BANTEN “WAHIDIN HALIM” PADA MEDIA ONLINE TWITTER DAN FACEBOOK
Abstract
ABSTRACT
This study aims to find out how Wahidin Halim as the candidate for governor of Banten to
manage the impression on Twitter and Facebook as online media?. This research is a
descriptive research with qualitative approach and using dramaturgy theory of Erving Goffman in dissecting the findings data. Through operationalization of dramaturgy theory Researchers found that there has been a massive impression management in the nomination process of Banten governor Wahidin Halim in Twitter and Facebook as social media. On the front stageof the impression management, WH is able to introduce himself as an experienced person, has integrity with the incision of his achievements, and convincingly can make changes to Banten with the vision and mission are always in the blow up through social media. In addition, the WH is also consistently able to immerse the memory strong enough in the minds of the audience with a style of dress that never changes during the nomination process, even since it was the mayor of Tangerang.
Keyword: Wahidin Halim, Dramaturgy, Twitter, facebook, Online Media
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Kesan Calon Gubernur
Banten Wahidin Halim pada Media Online Twitter dan Facebook?. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan meminjam teori dramaturgi Erving
Goffman dalam membedah data-data temuan. Melalui operasionalisasi teori dramaturgi Peneliti mendapatkan bahwa telah terjadi pengelolaan kesan yang masif dalam proses pencalonan Gubernur Banten H. Wahidin Halim di media sosial Twitter dan facebook. Di panggung depan WH mampu mengenalkan dirinya sebagai sosok yang berpengalaman, memiliki integritas dengan torehan prestasinya, serta meyakinkan dapat melakukan perubahan bagi Banten dengan visi dan misi yang selalu di blow up melalui media sosial. Selain itu, WH juga secara konsisten mampu membenamkan memori cukup kuat dalam benak khalayak dengan style berpakaiannya yang tidak pernah berubah selama proses pencalonan, bahkan sejak masih menjadi Walikota Tangerang.
Kata kunci: Wahidin Halim, Dramaturgi, Twitter, Facebook, Media Online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro., Lukiati Komala, Siti Karyanti,Komunikasi Massa : Suatu Penghantar Edisi Revisi, Refika Offset, Bandung : 2014
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya.Kencana. Jakarta : 2007.
Devito, Joseph A. Komunikasi antar Manusia. Tangerang: karisma
Publishing group. 2011. Fisher, B. Aubrey. Teori-Teori Komunikasi,
Remadja Karya CV, Bandung : 1986.
Kuswarno, Engkus. Metode Penelitian Komunikasi : Etnografi
Komunikasi, Widya Padjajaran, Bandung : 2008.
Mulyana, Deddy. Metode Penelitian, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung : 2005.
Rakhmat, Jalaluddin., Psikologi Komunikasi, PT. Remaja
Rosdakarya, Bandung: 2011
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit
Buku Kedokteran EGC.
Penghantar Edisi Revisi, Refika Offset,
Bandung : 2014.
Schlenker, B. 1980. Impression Management. The Self-Concept,
Social Identity, and Interpersonal Relation. Monterey, CA.: Brooks/
cole Publishing.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung: 2015 Suryawati, Indah.Jurnalistik Suatu Pengantar : Teori dan Praktik,Ghalia Indonesia, Bogor :2014.
West, Richard. Pengantar Teori Komunikasi : Teori dan Aplikasi.
Jakarta: Salemba Humanika, 2008.
Daftar wawancara
Abdillah, Ahmad Jazuli., Wawancara CEO WH Center, Rabu, 25 Januari 2017
Halim, Wahidin., WawancaraCalon Gubernur Banter, Selasa, 30 januari 2017
Ibrahim, M,.Wawancara Protokoler WH, Jumat, 03 Februari 2017
Syafril, M,.Wawancara Kabid Humas WH
Center, Sabtu, 28 Januari 2017 Syukur, Abdul., Wawancara Pembina ASC, Kamis, 09 Februari 2017 Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017 87
Daftar Online
https://m.tempo.co/read/news/2016/09/22/
/pilkada-bantenpertarungan-
pro-dinasti-melawananti-
dinasti diakses pada Rabu, 16
November 2016
http://poskotanews.com/2016/09/27/pilgub
-banten-rano-emas-unggul-disurvei-
wh-andhika-berbagiwilayah/
diakses pada Rabu, 16
November 2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
diakses pada senin, 06 Februari
http://pengertiandefinisi.com/pengertianfacebook-
dan-sejarah-pendirianfacebook/
diakses pada senin, 06
Februari 2017
http://kbbi.web.id/calon diakses pada rabu,
November 2016
http://kbbi.web.id/gubernur diakses pada
Rabu, 16 November 2016
https://sinaukomunikasi.wordpress.com/20
/08/20/interaksi-simbolik/
diakses pada senin, 06 februari 2017
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i2.636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.