INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI 9 PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH (Studi Kasus pada Bagian Hubungan Masyarakat Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada Instagram @kemenkopUKM)
Abstract
ABSTRACT
Instagram is social media to share a photograph start many used for the benefit of socialization with his trademark that puts forward message visual and the interaction that high. Socialization use social media is in vogue used by various offices both owned government as well as private. One of which is account @ kemenkopukm using Instagram to give socialization programs concerned about the ministry of cooperatives and small and medium enterprises republic of Indonesia like nine flagship program this ministry. This study aims to know how the use of Instagram as media for the socialization nine programs seed the ministry of cooperatives and small and medium enterprises of the Republic of Indonesia on accounts Instagram @kemenkopukm. Approach that is used is qualitative with the methods case study. A source of primary and secondary data. Technique data collection using interviews. The result showed that Instagram as a media socialization and duties and functions namely the public relations publish minister and government programs Jokowi done. But, 9 seed socialization program this has not been due to the limited staff, the idea, and time, and Instagram was not effective in terms f interaction because the community just take a look, like, comment and giving spirit, so the interaction of a community have not yet been widely of Instagram.
Keywords: public relations, socialization, Instagram.
ABSTRAK
Instagram adalah social media untuk berbagi foto yang mulai banyak digunakan untuk
kepentingan sosialisasi dengan ciri khasnya yang mengedepankan pesan visual dan
interaktivitas yang tinggi. Sosialisasi menggunakan media sosial sedang populer digunakan
oleh berbagai instansi baik milik pemerintah maupun swasta. Salah satunya adalah akun
@KemenkopUKM yang memanfaatkan Instagram untuk memberikan sosialiasi mengenai
program-program terkait Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik
Indonesia seperti 9 program unggulan Kementerian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui
bagaimana penggunaan Instagram sebagai media sosialisasi sembilan program unggulan
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada akun
Instagram @KemenkopUKM. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode
studi kasus. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan
Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017 89 wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram sebagai media sosialisasi maka tugas dan fungsi humas yaitu mempublikasikan kegiatan menteri dan program pemerintah Joko Widodo telah terlaksanakan. Namun, sosialisasi 9 program unggulan ini belum berjalan karena
keterbatasan staf, gagasan, dan waktu, serta Instagram masih kurang efektif dalam hal interaksi karena masyarakat hanya melihat-lihat, like, comment dan memberikan semangat, jadi, interaksi masyarakat belum banyak dari Instagram.
Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, Sosialisasi, Instagram
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hendrarso, Emy Susanti. 2010. Penelitian
Kualitatif: Sebuah Pengantar Dalam
MetodePenelitian Sosial. Jakarta :
Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn,
Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9.
Jakarta :Salemba Humanika
Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Salbino, Sherief. 2014. Buku Pintar Gadget Anroid untuk Pemula. Jakarta : Perpustakaan Nasional. Soemirat, Soleh. & Elvinaro
Ardianto.2012. DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Waluyo, dkk. 2008. Ilmu PengetahuanSosial, Untuk SMP/Mts Kelas VII. Jakarta : Gramedia.
Sumber Internal:
Observasi awal Tahun 2017, PeraturanMenteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 15/PER/M.KUKM/XII/2016 tentang Uraian Tugas Pejabat
Struktural di Lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha
Kecil dan Menengah. Laporan Kegiatan Humas dan Advokasi
Hukum Tahun 2016.
Sumber penelitian:
Dianastuti, Wafda Afina. 2015. Penggunaan Instagram sebagai
Media Promosi Kuliner Kota Semarang (Studi Kasus pada
Komunitas Online @jakulsemarang). Semarang : Universitas Diponegoro
Sumber Internet:
http://palembang.tribunnews.com/2
/04/02/indonesia-negaraterbesarketiga-
pengguna-sosmedinstagramd.
Diakses pada 20 Juli 2017
pukul 13.00 WIB.
https://www.instagram.com/kemen
kopukm/. Diakses pada 20 Juli 2017 pukul
11WIB.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i2.637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.