PERANAN GROUP FACEBOOK HIMPPAR (Penggunaan Group Facebook Himpunan Mahasiswa Papua Barat di UKSW Salatiga)
Abstract
mudah. Tidak ada penghalang antar manusia untuk saling berkomunikasi. Bahkan dengan media
sosial orang dapat membuat grup komunikasi untuk lebih memfasilitasi pertukaran informasi.
Facebook, yang merupakan salah satu bagian dari media sosial dapat digunakan untuk membuat
grup atau kelompok komunikasi. Keberadaan kelompok etnis di UKSW Salatiga
memungkinkan untuk membuat sebuah grup. Untuk memudahkan anggotanya berkomunikasi
satu sama lain, maka kelompok membuat grup di media sosial, salah satunya adalah kelompok
di facebook. HIMMPAR sebuah kelompok etnis yang anggotanya adalah mahasiswa dari
Papua. Penelitian ini untuk mengeksplorasi peran Grup Facebook HIMPPAR (Himpunan
Mahasiswa dan Pelajar Papua Barat) sebagai media baru komunikasi yang bermanfaat bagi
mahasiswa Papua di Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Unit analisis penelitian ini adalah peran kelompok facebook HIMPPAR
UKSW, dan unit amatannya adalah Grup HIMPPAR. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa
kelompok HIMPPAR memiliki peran yang sangat penting bagi mahasiswa Papua. Peran grup
HIMMPAR yaitu: (1) Memberikan motivasi belajar, (2) Sebagai pengikat etnis, (3) Penyebaran
Journal Communication Volume 7, Nomor 1 April 2016 64
nilai-nilai, informasi dan dialog, (4) Menyediakan ruang untuk mengakomodasi keperluan
teknis untuk masing-masing anggota.
Keywords
Full Text:
download PDFReferences
Berlo, David K., 1960. The Process of
Communication An Intriduction
to Theory and Practice. New
York: Holt, Rinehart and Winston
Inc.
Devito, Joseph, A.1997. Human
Communication. New York:
Harper Collinc Colege Publisher.
Holtz, Shel. 2002. Public Relation on
the Net : Winning strategies to
Inform & Influence the Media, the
Investment Community, the
Government, the Public and more.
Inggris : Amacom Press.
Hymes, Dell. 1973. Toward
ethnographics of communication.
New York: Harper & Row.
Kaplan, A.M & Heinlein M. 2002.
Users of the World, unite! The
Challenges and Opportunities of
Social Media. Indiana University :
Kelly School of Business Press.
Littlejohn, Stephen W. & Karen A.Foss.
Encycplopedia of
Communication Theory. USA :A
Sage References Publication.
Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu
Komunikasi. Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya.
Journal Communication Volume 7, Nomor 1 April 2016 87
Mulyana, Deddy. 2005. Komunikasi
Antar Budaya. Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya Press.
Purwasito, Andrik. 2003. Komunikasi
Multikultural. Surakarta :
Muhammadiyah University Press.
Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi,
suatu pengantar. Jakarta : Rajawali
Press.
Sugiyono, Prof. Dr. 2010.Memahami
Penelitian Kualitatif. Bandung: CV
Alfabeta.
Sumber Internet:
www.bbg.com.“Press Release
Survey Broadcasting Board Governors”
diunduh 5 juli 2014.
www.treqfm.com. “penemu
facebook” screening pada 20 maret
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v7i1.77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.