PERANAN GROUP FACEBOOK HIMPPAR (Penggunaan Group Facebook Himpunan Mahasiswa Papua Barat di UKSW Salatiga)

ESTER KRISNAWATI, NAOMI CRISANT WULANDARI

Abstract


Kehadiran media baru, terutama media sosial telah membuat komunikasi antar manusia semakin
mudah. Tidak ada penghalang antar manusia untuk saling berkomunikasi. Bahkan dengan media
sosial orang dapat membuat grup komunikasi untuk lebih memfasilitasi pertukaran informasi.
Facebook, yang merupakan salah satu bagian dari media sosial dapat digunakan untuk membuat
grup atau kelompok komunikasi. Keberadaan kelompok etnis di UKSW Salatiga
memungkinkan untuk membuat sebuah grup. Untuk memudahkan anggotanya berkomunikasi
satu sama lain, maka kelompok membuat grup di media sosial, salah satunya adalah kelompok
di facebook. HIMMPAR sebuah kelompok etnis yang anggotanya adalah mahasiswa dari
Papua. Penelitian ini untuk mengeksplorasi peran Grup Facebook HIMPPAR (Himpunan
Mahasiswa dan Pelajar Papua Barat) sebagai media baru komunikasi yang bermanfaat bagi
mahasiswa Papua di Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Unit analisis penelitian ini adalah peran kelompok facebook HIMPPAR
UKSW, dan unit amatannya adalah Grup HIMPPAR. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa
kelompok HIMPPAR memiliki peran yang sangat penting bagi mahasiswa Papua. Peran grup
HIMMPAR yaitu: (1) Memberikan motivasi belajar, (2) Sebagai pengikat etnis, (3) Penyebaran
Journal Communication Volume 7, Nomor 1 April 2016 64
nilai-nilai, informasi dan dialog, (4) Menyediakan ruang untuk mengakomodasi keperluan
teknis untuk masing-masing anggota.

Keywords


Facebook, HIMPPAR, CMC, Peran grup facebook

Full Text:

download PDF

References


Berlo, David K., 1960. The Process of

Communication An Intriduction

to Theory and Practice. New

York: Holt, Rinehart and Winston

Inc.

Devito, Joseph, A.1997. Human

Communication. New York:

Harper Collinc Colege Publisher.

Holtz, Shel. 2002. Public Relation on

the Net : Winning strategies to

Inform & Influence the Media, the

Investment Community, the

Government, the Public and more.

Inggris : Amacom Press.

Hymes, Dell. 1973. Toward

ethnographics of communication.

New York: Harper & Row.

Kaplan, A.M & Heinlein M. 2002.

Users of the World, unite! The

Challenges and Opportunities of

Social Media. Indiana University :

Kelly School of Business Press.

Littlejohn, Stephen W. & Karen A.Foss.

Encycplopedia of

Communication Theory. USA :A

Sage References Publication.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu

Komunikasi. Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya.

Journal Communication Volume 7, Nomor 1 April 2016 87

Mulyana, Deddy. 2005. Komunikasi

Antar Budaya. Bandung : PT.

Remaja Rosdakarya Press.

Purwasito, Andrik. 2003. Komunikasi

Multikultural. Surakarta :

Muhammadiyah University Press.

Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi,

suatu pengantar. Jakarta : Rajawali

Press.

Sugiyono, Prof. Dr. 2010.Memahami

Penelitian Kualitatif. Bandung: CV

Alfabeta.

Sumber Internet:

www.bbg.com.“Press Release

Survey Broadcasting Board Governors”

diunduh 5 juli 2014.

www.treqfm.com. “penemu

facebook” screening pada 20 maret




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v7i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id