PENGARUH BRAND IMAGE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK DAYPACK EIGER DI KOTA BEKASI

Yoga Religia, agus sriyanto, Ravindra Safitra Hidayat, Yugi Setyarko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian daypack Eiger. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey yang terdiri dari 97 responden dengan teknik non probability khususnya purposive sampling. Pengumpulan data menyebarkan kuesioner dan diolah dengan metode deskriptif menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan adalah Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Setiap variabel yang di uji telah valid dan reliabel dan telah layak berdasarkan uji asumsi klasik sehingga penelitian dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel bebas (brand image, electronic word of mouth dan celebrity endorser) secara parsial dinyatakan memiliki suatu hubungan yang positif dan terdapat pengaruh signifikan dengan korelasi yang kuat terhadap keputusan pembelian konsumen  Produk daypack Eiger di Kota Bekasi.

 


Keywords


Brand Image; Electronic Word of Mouth; Celebrity Endorser; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Rahmat Nur dan Agus Maulana Hidayat. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Honda Beat di Kota Bandung Tahun 2017. Jurnal e-Proceeding of Applied Science. 4 (1), 20.

Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Amir, Syaban dan Nadya N. Karina Moeliono. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Halaman. Jurnal e-Proceeding of Management. 5 (3), 3842.

Augusty, Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Bastian, D.A. (2014). Analisa Pegaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2 (1), 1-9.

Cheung, Christy M.K dan Matthew K.O Lee. (2012). What drives consumers to spread electronic word of mouth in online consumer-opinion platforms. Decision Support Systems Journal. 53 (1).

Ekawati, M., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Account Twitter @WRPdiet). Jurnal Administrasi Bisnis. 1-8.

Davis, Scott M. (2000). Brand Asset Management: Driving Profitable Growth Through Your Brands. San Fransisco: Jossey-Bass Inc

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., dan Marticotte, F. (2010). e-WOM scale: word-of-mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences. 27 (1), 5- 23. Hamel, G dan C.K. Prahalad, (2011). Kompetisi Masa Depan. Yogyakarta : Bina Rupa Aksara.

Thurau, T. Hennig, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, dan Dwayne D. Gremler. (2004). “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?”. Journal of Interactive Marketing. 18 (1), 38-52.

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Dalam Periklanan. Jakarta : PT. Raka Grafindo Persada.

Kotler, Phillip. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta : PT. Prehalindo

Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kedua belas. Jakarta : Indeks.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ketiga belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Latan, Hengky dan Selva Temalagi. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20,0. Bandung : Penerbit

Alfabeta.Liu, Y. (2006). Word of mouth for movies: Its dynamics and impact on box office revenue. Journal of Marketing. 70 (3), 74-89.

Muhammad Akram dan Sampurno Wibowo. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Melalui Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Vespa Piaggio di Kota Bandung. Jurnal e- Proceeding of Applied Science. 2 (3). 793.

Pedersen, S.T., Razmerita, L. dan Colleoni, E. (2014). "Electronic Word of Mouth Communication and Consumer Behaviour-An Exploratory Study of Danish Social Media Communication Influence". LSP Journal Language for Special Purposes, Professional Communication, Knowledge Management and Cognition. 5 (1), 112-131.

Permatasari, Berlintina. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan, Dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. International Journall of Business. 3 (6), 31-36.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta : Andi Offset.

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.

Priyatno, Duwi. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta : Andi Offset.

Priyatno, Duwi. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta : Gava Media.

Purnomo, Aldy Rochmat. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta : Fadilatama.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Shandy, Bobby. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha. Jurnal Digest Marketing. 3 (1).

Shimp, Terence. A. (2002). Periklanan dan Promosi. Jakarta : Erlangga.

Shimp, Terence. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.

Shimp, Terence. A (2010). AdvertisingPromotion and Other Aspect of Interated Marketing Communication, 8th edition. Canada: Nelson Education, Ltd.

Simamora, Bilson (2003). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya : Pustaka Utama.

Siregar, Sofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sumangla, R dan A. Panwar. (2014). Capturing, Analyzing, and Managing word- of-mouth in the digital marketplace. USA: IGI Global.




DOI: https://doi.org/10.36080/jem.v11i1.1745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 agus sriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.