DESKRIPSI ANGGARAN DAN HARGA TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN KENTUCKY FRIED CHICKEN (SURVEI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2022 DAN 2023 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)

Muhammad Zakaria Ramadhan Tamherwarin, Alya Farianti, Calvin Triyoga Nugraha, Hanum Dwi Nurpadilah, Mozart Aliansyah

Abstract


Kesibukan mahasiswa dalam berkegiatan menyebabkan mahasiswa tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan sendiri sehingga mereka memilih opsi yang lebih praktis. Namun, untuk mendapatkan makanan yang praktis tersebut perlu adanya pengorbanan pada biaya, berupa anggaran dan harga. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan variabel anggaran dan harga terhadap preferensi konsumen kepada produk Kentucky Fried Chicken (KFC). Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2022 dan 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner campuran (terbuka dan tertutup). Hasil dari penelitian ini menggambarkan secara nyata bahwa anggaran dan harga berpengaruh terhadap preferensi konsumen khususnya mahasiswa yang mengkonsumsi Kentucky Fried Chicken (KFC). Keterbatasan pada anggaran dan harga seringkali mendorong mahasiswa untuk mencari alternatif yang lebih ekonomis dalam memenuhi kebutuhan makanan mereka. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian terhadap penentuan harga produk dengan anggaran mahasiswa agar menjadi langkah yang efektif dan efisien bagi Kentucky Fried Chicken (KFC) dalam mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka di kalangan mahasiswa.

Keywords


Anggaran; Harga; Preferensi Konsumen; Kentucky Fried Chicken

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Firdaus, Abg Zainoren, Abg Abdurahman, and Jamil Hamali. 2014. “Managing Customer Preferences.” International Journal of Innovation, Management and Technology 2(6).

Adzahri, P., & Retno Fuji Oktaviani. (2024). Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turn Over dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Return On Equity. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan (JAKPT), 1(3), 8–19.

Anggeline, Elsafira Mala, and Novita Novita. 2020. Implikasi Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Intellectual Capital. Jurnal Akuntansi Trisakti 7(1):55–74. doi: 10.25105/jat.v7i1.6401.

Aprilia, Melani, and Angestika Wilandari. 2023. Pengaruh Brand Experience Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skin Game Di Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 14(2):75–81. doi: 10.36982/jiegmk.v14i2.3440.

Assauri, S. (2017). Manajemen pemasaran : dasar, konsep & strategi, M.B.A. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Dananjaya, Suparta, and Setiawan. 2014. The Influence of The Spirit of Entrepreneurship and Agribusiness Management Towards Success Gapoktan Simantri in Tabanan. Jurnal Manajemen Agribisnis 2(2):131–42.

Dewi, Novani Nurlaili Selly. (2016). Pengaruh Anggaran dan Harga Terhadap Preferensi Konsumen Kantin Koperasi Mahasiswa (KOPMA). (Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ding, Chengri, Niu, Yi and Lichtenberg, Erik, (2014), Spending preferences of local officials with off-budget land revenues of Chinese cities, China Economic Review, 31, issue C, p. 265-276.

Dona, Eka Meiliya, and Verza Ayu Lestari. 2020. “Analisis Laporan Realisasi Anggaran Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Oku.” Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 5(2):135. doi: 10.32502/jab.v5i2.2877.

Erinda, Aisyah, Srikandi Kumadji, and Sunarti Sunarti. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Pelanggan Mcdonald’s Di Indonesia Dan Malaysia).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 30(1):87–95.

Gitosudarmo, Indriyo. (2014) Manajemen Operasi, Yogyakarta: BPFE, 2014.

Guleria, D. 2018. a Study of Consumer Preference for Smartphone : a Case of Solan. April.

Heldawati. 2021. Analisis Realisasi Anggaran Untuk Menilai Efektivitas Dan Efisiensi Kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu. SKRIPSI. Universitas Muhammadiyah makassar. Makassar.

Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Jaelani, A & Nursyifa, Y. 2024. Perilaku Konsumen Terhadap Boikot Produk Israel. Karimah Tauhid, 3(2), 2312–2327. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12162..

Kontot, K, Hamali, J, and Abdullah, F. 2016. Determining Factors of Customers’ Preferences: A Case of Deposit Products in Islamic Banking. Procedia-Social and Behavioral Sciences 224, 167–175. doi:10.1016/j.sbspro.2016.05.435.

Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhadi, Ahmad and Effendy, Aidil Amin. 2020. Penganggaran Perusahaan. Other. Unpam Press, Tangerang Selatan.

Nurlita, Nurul, and Nur Lathifah Mardiyati. 2017. “Hubungan Frekuensi Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) Dengan Tempat Tinggal Pada Mahasiswa FIK Dan FT Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Seminar Nasional Gizi 2017 Program Studi Ilmu Gizi UMS “Strategi Optimasi Tumbuh Kembang Anak” (December):23–28.

Petricia, D and Syahputra, S. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Kopi Progo Bandung).

Ranggayuni, Evi, and Nuraini Nuraini. 2021. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Makanan Cepat Saji Pada Mahasiswa Di Institusi Kesehatan Helvetia Medan.” JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan) 6(3):278. doi: 10.30829/jumantik.v6i3.9977.

Redaksi, P., Idrus, N. I., Neil, M., Pelaksana, R. Kadir, Y., Tahara, T., Hijjang, P., Laksana, M. T., Ismail, A., Hamka, I. M., Isra, B. Al, Teknis, P., Kamil, M., Idris, U., Yunus, M., and Redaksi, faktor yang D. 2016. Gaya hidup dan promosi makanan cepat saji.

Religia, Yoga, Pebrian Pebrian, Agus Sriyanto, and Yugi Setyarko. 2023. “PERAN PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Toko Buku Gunung Agung, Jakarta).” Jurnal Ekonomika Dan Manajemen 12(1):52. doi: 10.36080/jem.v12i1.2231.

Sasongko, Catur, Parulian, and Safrida Rumondang. 2020. Anggaran. Jakarta: Salemba Empat. 2020.

Sedjati, Retina. 2016. Manajemen Pemasaran. Sleman, Deepublish.

Setyarko, Yugi. 2016. “Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online.” Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226 5(2):128–47.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2017.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.

Supomo, indriantoro. 2010. “Metode Penelitian.” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen 1(1):48–53.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Zakaria Ramadhan Tamherwarin, Muhammad Zakaria Ramadhan Tamherwarin, Muhammad Zakaria Ramadhan Tamherwarin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.