Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online
Abstract
Penjualan produk online di Indonesia terus berkembang pesat dari tahun ke tahun dan mampu memberikan tambahan devisa yang tidak sedikit pada negara. Penelitian ini merupakan studi eksplanatori yang menitikberatkan pada penjualan produk barang dan jasa yang dilakukan secara online melalui dukungan internet, yang selanjutnya dikenal dengan istilah e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan produk secara online yang meliputi persepsi harga, promosi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis statistik parametrik, dimana sampel penelitian diperoleh dari para responden yang pernah melakukan pembelian produk secara online. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuisioner secara online kepada responden dengan bantuan google form. Hasil pengolahan data regresi linear berganda menunjukkan persamaan: Y = -1,893+ 0,088 X1 + 0,269 X2 + 0,205 X3+ 0,271 X4, dimana persepsi harga konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk online. Kemudahan penggunaan merupakan variabel paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online. Keterbatasan penelitian ini terdapat pada waktu penelitian yang relatif pendek dan jumlah sampel yang tidak banyak dibandingkan dengan populasi yang ada.
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v5i2.329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ekonomika dan Manajemen