ANALISIS STRATEGI BISNIS BUSANA MUSLIMAH MEREK QANITANA PADA CV.XYZ

Aslin Yuliana, Didip Diandra

Abstract


Fenomena penggunaan hijab di Jakarta saat ini semakin banyak dan mengakibatkan permintaan pakaian muslimah semakin tinggi. Busana Muslimah dengan Merek Qanitana merupakan salah satu merek pakaian muslimah yang didesain syar’i sesuai tuntunan dan syariat agama Islam. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis strategi bisnis busana muslimah merek Qanitana pada CV.XYZ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan di perusahaan CV.XYZ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode eksploratif dengan cara melakukan wawancara dan observasi terhadap pemilik usaha (owner). Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa faktor kunci yang harus diterapkan untuk mengembangkan merek Qanitana yaitu; menambahkan tagline “Muslimah Stylish Yet Syar’i”, mengembangkan kerjasama antar mitra, dan analisa Bauran Pemasaran (Produk, Promosi, dan Sumber Daya Manusia (people)).

Keywords


Busana Muslimah, Qanitana, Strategi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A., 1997, Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek, Mitra Utama.Jakarta.

Duncan. T. 2008, Integrated Marketing Communications European Edition. New York: MC Grawhill. Inc.

Istiani, Ade Nur. 2015. Konstruksi Makna Hijab Fashion Bagi Moslem Fashion Blogger, Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 3, No. 1, P. 49.

Kemenperin.go.id, 2016, Fashion dan Kerajinan Dominasi Industri Kreatif, (diakses pada 18 maret 2018, 12.23 WIB) .

Kompasnia.com, 2015, Hijab, Trend dan Aturan (diakses pada 15 maret 2018, 11.43 WIB) .

Kotler,P. 2000. Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Pengendalian, Salemba Empat.Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2004, Principle of Marketing. 10th Edition, New Jersey: Prentice Hall.

Kotler.P, et al. 2012. Principles of Marketing. 14th Edition. PEARSON. England.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Nurcahyono, et al. 2013. Strategi Pemasaran Produk VSAT Kuband Pada Layanan Internet dengan Pendekatan Analisa Five Porters dan Fuzzy SWOT. Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, Universitas Mercu Buana. Vol. 4, No. 2, pp. 175-176.

Rangkuti, Freddy. 2005. Great Sales Forecast for Marketing, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rastogi. N, 2016. A Tool to Identify External Risks in Construction Projects, International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET). Madhav Institute of Technology and Science, Gwalior (M.P), India. Vol. 3, No. 1, pp. 385.

Robinson. B. R, et al. 2011. Strategic Management Formulation, Implementation, and Control. 12th Edition. MC Grawhill. New York.

Selang. C, 2013, Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, Universitas Sam Ratulang Manado. Vol. 1, No. 3, pp. 71-73.

Sugiyono, 2008, Data Sekunder Menurut Para Ahli, (diakses pada 26 maret 2018, 14.45 WIB) .

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2012, Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli, (diakses pada 26 maret 2018, 14.12 WIB) .

Tjiptono, Fandi. 1996. Strategi pemasaran. Edisi kedua. Penerbit Andy, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2007. Manajemen Penjualan Produk. Cetakan Pertama. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi pemasaran. Edisi ketigaAndy, Yogyakarta




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v7i2.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aslin Yuliana, Didip Diandra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.