PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UKM DIMEDIASI KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA UKM DI SMESCO INDONESIA)

Mohammad Mabrur Taufik

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh: orientasi pasar terhadap kinerja UKM di SMESCO Indonesia secara langsung maupun melalui keunggulan bersaing; orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing; keunggulan bersaing terhadap kinerja UKM di SMESCO Indonesia. Populasi semua UKM yang bekerja sama dengan SMESCO Indonesia. Pengambilan sampel dengan probability sampling melalui simple random sampling. Data dianalis menggunakan Parsial Least Squares, dengan sampel 147 pemilik UKM di SMESCO Indonesia. Hasil penelitian: (1) orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya kinerja perusahaan UKM di SMESCO Indonesia namun berpengaruh signifikan melalui keunggulan bersaing; (2) Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya kinerja UKM di SMESCO Indonesia.

Keywords


orientasi pasar, keunggulan bersaing, kinerja UKM, SMESCO Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v9i1.1111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mohammad Mabrur Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.